Sekarang mulai banyak user-user yang tidak menggunakan etika memposting
di internet dengan benar.Mereka terlalu banyak menggunakan bahasa-bahasa yang
tidak sopan, dan kalimat yang di posting pun terkadang banyak membuat kebohongan
Etika yang berlaku di internet makin kesini makin sering diabaikan.User
internet bertambah secara instan tanpa melalui suatu pengantar bagaimana beretika
di dunia maya. Dunia maya memiliki etika seperti di dunia nyata. Dengan etika ini
kita bisa memahami bagaimana saling menghormati sesama user, saling menghargai,
saling berbagi, dan seterusnya.Etika juga dapat menghindarkan kita dari problem
yang bisa muncul karena kita salah gaul di dunia maya.
Berikut ada 10 poin etika memposting
di internet:
·
Ejaan yang benar
Komunikasi kita di internet mayoritas adalah komunikasi tertulis.
Maka, usahakan jangan banyak salah dalam mengetik atau mengeja, agar user lain
mudah menangkap maksud kita. Di sisi lain pun user dapat memahami apa yang kita
posting
·
Hindari caps lock
Caps lock atau huruf capital untuk mengetik semua huruf sangat tidak
nyaman dibaca selain itu sulit di mengerti, dan menyimbolkan bahwa kita sedang marah.
Caps lock pada komunkasi tertulis sama saja dengan membentak atau berteriak. Lebih
baik menggunakan Caps lock di saat ada
kata-kata yang penting untuk di baca.
·
Katakan yang sebenarnya
Berbohong di dunia maya itu bisa fatal akibatnya.Sebab informasi
yang kita ketik dan kirim ke email atau posting di web akan tersimpan. Jika kelak
kita mengatakan hal yang berbeda atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, maka
ada bukti nyata bahwa kita telah berbohong. Sebaiknya jangan berbohong, tapi juga
tidak perlu mengumbar semua hal yang belum tentu itu real . karena tidak semua
orang bias mempercayai sebuah posting jika ada kebohongan di dalamnya.
·
Jadilah dirimu sendiri
Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang
lain. Ini akan merugikan diri sendiri. Jadilah dirimu sendiri, tanpa perlu membuka
semua informasi pribadimu. Di sisi lain pun jika sebuah posting yang kita buat itu
sangatlah mengesankan orang-orang pun bisa menilai kita dari sisi baiknya .dan menguntungkan
untuk diri kita sendiri.
·
Jangan memulai masalah
Saat di social media, milis, atau forum terbuka lainnya, jangan memulai
masalah dengan memosting ancaman, memulaiperdebatan yang memancing emosi,
memosting informasi kontroversial yang hanya akan membuat user lain kesal,
marah, bahkan memperkarakannya secara hukum.
·
Jangan kirim spam
Spam ini iklan secara terus menerus, memposting link, atau bahkan
mengirim virus, serta data tidak penting lain. Kamu bisa di-banned atau ”report
as spam”.
·
Konservatiflah
Saat mengirim email, lebih baik kita tetap bersikap formal dan konservatif.Ini
jauh lebih baik daripada menulis pesan dengan gaya alay atau sok gaul, apalagi dengan
huruf yang dibolak-balik, penuh singkatan.
Sebab hanya akan membingungkan pembacanya, dan menurunkan citra dirimu.
·
Jangankirim email tengahmalam
Hormatilah user lain, sebab mengirim email itu sama dengan menelepon.
Tentu kamu tidak sukakan jika tengah malam diganggu dering telepon atau notifikasi
tanda email masuk? Kesannya tidak menghormati privasi orang.
·
Berbelanja di situs yang aman
Jika berminat melakukan e-shopping, yakin kan bahwa situs yang
bersangkutan cukup aman. Setidaknya penjual nya bisa dipercaya. Sebab di situ
kamu akan membagiin formasi pribadi yang cukup penting, seperti nomor rekening dan
nomor ponsel, bahkan alamat rumah.
·
Bersikap bijak
Cobalah untuk bersikap sebijak mungkin, dalam mengunggah profil diri,
berbagiin formasi, dan bersikap kepada sesama user internet. Pahami apa yang
kira-kira layak atau tidak. Jangan terburu emosi saat kita memosting sesuatu.Tidak
perlu terburu-buru dalam memutuskan apa yang layak di-share atau tidak.
sumber
: fatimachitra.wordpress.com , Fatimah chitra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar